Jumat, 11 Maret 2011

DAMPAK EKONOMI DARI KEMACETAN ( BI 2 SOFTSKILL 2011 )

Negara kita sangat dikenal dengan bangsa yang mempunyai tingkat kemacetan terparah didunia. Kurangnya perhatian dari pemerintah mengenai sistem transportasi yang baik itu menjadi salah penyebab tingkat kemacetan dinegara kita terutama di kota kota besar seperti di jakarata. Pertumbuhan mobil setiap tahun dan daya beli terhadap pembelian yang tinggi ditambah sistem transportasi yang buruk adalah fator utama penyebab terjadinya kemacetan dinegara kita.
Berbagai dampak dari kemacetan itu pun satu persatu mulai tampak. Pada umumnya kasus kemacetan sangat lah merugikan untuk semua pihak. Banyaknya nilai dampak negatif yang ditimbulkan karena adanya kemacetan. Banyak sekali yang kerugian yang ditimbulkan oleh kemacetan tersebut.
Salah satunya dapat diambil contohnya dari kemacetan tersebut adalah pada waktu saya masih bersekolah di sekolah menengah akhir ( SMA ) akibat saya terkena macet, saya tidak diijinkan mengikuti pelajaran. Itu adalah salah satu dampak buruk yang diakibatkan dari kemacetan. Itu adalah contoh kecil dari dampak kemacetan. Mungkin saja diluar sana ada dampak yang lebih buruk yang ditimbulkan oleh kemacetan. Mungkin saja ada pengusahan yang gagal mendapatkan tender besar dikarenakan terkena macet dan tender tersebut diambi alih oleh pesaingnya sendiri. Itu tidak hanya merugikan perusahan tersebut, mungkin secara tidak langsung itu juga dapat merugikan negara. Kenapa saya dapat berbicara seperti itu. Kalau saja pesaing tersebut berasal dari negara lain itu sangat jelas dapat merugikan negara. Yang seharusanya perusahan dalam negeri yang mendapatkan pendapat tersebut dan dapat menaikkan pendapat perusahaan tersebut. Secara perhitungannya adalah apabila suatu perusahan mengalami lah yang tadi saya katakan bahwa secara tidak langsung negara juga mengalami kerugian.
Kemacetan yang tinggi juga dapat berefek pada pencemaran polusi udara. Dikarenakan pembuangan asap kendaraan dan juga pengunaan ac pada kendaraan beroda empat. Karena apabila macet akan menyebabkan udara panas dan akibatnya penguna kendaraan broda empat akan mengunakan ac dan ujung ujungnya akan menyebabkan menipisnya lapisan ozon dan akibatnya sinar uv dari matahari langsung menembus ke bumi dan itu akan berakibat langsung berdampak ke manusianya tersebut.
Jika uraiankan secara lebih lanjut masih banyak lagi dampak negatif dari kemacetan itu sendiri. Selain itu juga ada tindakan kriminalitas dari kemacetan itu sendiri misalnya saja penodongan atau penjambretan
Tidak adil juga rasa jika kita hanya membicarakan hal – hal yang negatif saja. Segala dampak juga mengandung sisi positifnya juga tidah hanya negatifnya saja. Kita juga dapat mengambil hikmah dari kemacetan atau juga dapat dibilang sisi positif.
Salah satu sisi positif yang dapat diambil dari kecetan itu sendiri adalah adanya pedagang yag berdagang keliling dikala macet yang menjajakan barang dagangannya yang menawarkan barang dagangannya dari orang ke orang dikala macet. Itu juga dapat mempengaruhi disektor kecil. Meskipun dampak negatif yang ditimbulkan lebih besar dibandingkan dari dampak positifnya.
Oleh karena itu disini saya tidak hanya membahas dari sisi negatifnya saja yang dapat mempengaruhi keadaan ekonomi disuatu negara. Pada dasarnya memang kemacetan juga dapat dikatakan sebagai penyakit suatu negara selain penyakit infalsi yang harus diobati. Apabila tidak diobati masalah ini akan menjadi masalah yang serius. Dan jika seseorang terkena suatu penyakit yang berbahaya dan bahkan dapat merugikan orang lain maka orang lain tidak ada yang ingin berdakatan dengan kita. Sama halnya dengan negara jika terus mengalami penyakit kemacetan. Maka tidak akan ada negara lain yang ingin berdekatan dengan negara kita “dalam hal ini menanamkan sahamnya. Para investor yang sudah menanamkan sahamnya di Indonesia bukan hal yang mutahil jika para investor akan menarik modalnya kembali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar