Sabtu, 21 November 2009

LIBURAN KE JOGYA YANG CUKUP EKONOMIS

LIBURAN KE JOGYA YANG
CUKUP EKONOMIS

Pada waktu liburan sekolah tiba pada saat itu. Kami sekeluarga liburan kerumah nenek di jawa. Pada waktu itu kami pergi dua kelurga dari Jakarta menuju jawa keluarga saya dan kelurga pa’lek saya. Setibanya kami disana kami istirah terlebih dahulu, lalu keesokan harinya kami baru pergi ke kota Jogya.
Pada waktu itu saya dan yang lain pergi ke malioboro disana kita jalan-jalan di alun-alun( dasar orang Jakarta yang nora)lalu kita pergi ke pasar bringharjo disana kita membeli kain dan baju batik dengan harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan apabila kita beli di Jakarta.
Ada satu kejadian yang cukup lucu. Jadi pada saat itu kami terbagi menjadi dua kelompok maksudnya terbagi menjadi dua kelompok adalah kelompok pertama adalah saya bersama mama saya, dan kelompok kedua keluarga bule saya bersama anak-anaknya. Ayah dan pa’lek tidak ikut masuk ke dalam pasar.
Jadi didalam pasar kami berburu baju dan kain batik secara terpisah lalu bertemunya lagi nanti pada saat makan siang. Pas saatnya makan siang tiba kami kumpul semua disalah satu warung gudek. Lalu kami saling bercerita tentang kain dan baju batik hasil buruan. Dengan bangganya bule saya yang kebetulan orang jawa barat jadi tidak bisa berbicara bahasa jawa bercerita dengan bangganya tentang kain dan baju batiknya buruannya.
Bule : “ ih harga baju batik sama kain batiknya murah banget ya, nih saya aja udah dapet segini
Pa’lek : ‘ ya emang murah namanya juga di jawa”
Bule : “ bude beli berapa (yang dimaksud bede adalah mama saya)saya beli 200.000 aja udah dapet bayak coba kalo di Jakarta ga dapet nih”
Mama : “coba liat”(mama kaget)ini berapa harganya
Bule : “ yang itu kalau ga salah 90.000 deh murah kan.”
Mama : “hhaaahh(kaget, lalu mama menyelurkan kain yang sama sengan motif yang sama dan dengan merek yang sama) ini saya beli ga sampe 50.000”
Bule : “haaahhhh( dengan penuh kaget dan heran) “

Sekatika yang semua lagi pada makan dengan asiknya tiba-tiba serentak pada tertawa semua. Mentertawain bule soalnya udah cerita dengan bangganya eh ga tahunya kain batik yang dia beli harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang mama saya beli. Soalnya pada saat membeli mama yang kebetulan orang jawa pada saat waktu transaksi menggunakan bahasa jawa jadi bisa lebih murah apalagi pada saat membeli mama sempat bercanda dengan penjualnya dengan bahasa jawa. Sedangkan bule saya pada saat membeli dengan menggunakan bahasa Indonesia, jadi mungkin penjual tersebut tahu kalau bule saya buka orang yogja jadinya harganya di mahalin.







Bule : “ ah nanti kalau beli mau sama bude aja ah ga mau kepisah kaya tadi”
Sepupu : “ makanya mah jangan sok tahu jadi orang (anak bule) “
Bule : “diem kamu”
Mama : “ iia nanti kalau beli bareng aja”

Jadi bahasa juga dapat menjadi salah satu faktor untuk menentukan harga suatu barang.

2 komentar:

  1. Ternyata gampang2 susah ya beli batik di pasar beringharjo, tapi kata temen saya yang di jogya ada kode khusus untuk bisa dapat harga yang bener2 murah, tapi tetep aja...kita gak bisa boso jowo halus, kayak wong yogyo...

    BalasHapus