Kamis, 19 November 2009

Harga Meningkat Menjelang Hari Besar Perayaan

Harga Menjelang Hari Besar Perayaan

Harga bisa meninggakat menjelang hari perayaan tiba. Banyak harga yang meningkat menjelang hari raya tiba apalagi harga - harga bahan pokok seperti sembako. Biasanya harga dari tahun ke tahun yang selelu mengalami kenaikan adalah harga daging dan ayam. Contohnya harga daging sapi yang biasanya Rp 60.000 - Rp. 62.000/kg pada saat mendekati hari raya idul fitri bisa mencapai Rp 75.000/kg.
Pada saat lebaran tiba di keluarga kami mempunyai kebiasaan "pokoknya setiap lebaran tiba pasti ada opor ayam". Tepatnya seminggu sebelum hari raya tiba mama membeli 1 ekor ayam jantan yang cukup besar. pada saat itu mama membeli dengan harag Rp. 75.000/ekor.
Lalu pada saat 3 hari menjelang hari raya tiba secara kebetulan tetangga kami juga membeli satu ekor ayam jantan dia membeli denagn harga Rp. 100.000/ekor padahal secara fisik ayam yang kami punya lebih besar.
Itu membuktikan juga saalh satu hkum penawaran dalam ekonomi yang berbunyi apabila harga suatu barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga meninggkat. Jadi harga meninggkat pada saat permintaan bertambah banyak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar